FS0rUvwNhKY1VI33jRo60ZGXhoIL0Jyi24sdcC2i

Permasalahan dan Solusi pada Aplikasi PMP

Selamat sore semuanya, kali ini abang-guru mau berbagi sedikit pengalaman tentang permasalahan dalam aplikasi PMP yang banyak dikeluhkan oleh sebagian operator. Bagi yang belum mengerjakan aplikasi PMP ini sama sekali, sebaiknya anda baca Manual penggunaan aplikasi PMP secara detail agar tidak mengalami masalah dan berhasil kirim data ke server.

update : dengan menggunakan aplikasi PMP versi 1.4, masalah tombol kirim data tidak ada lagi

Berangkat dari pengalaman admin sendiri yang kelimpungan hampir satu minggu mencari solusi karena pada aplikasi PMP yang saya kerjakan tombol kirim datanya tidak muncul / tidak aktif. Padahal dalam mengerjakan aplikasi ini sudah sesuai dengan prosedur. Akhirnya setelah mencari ke sana ke mari, ditemukan juga solusinya, walaupun dengan sedikit modal nekat. hehe

Dari beberapa hasil pencarian mengenai tombol kirim data yang tidak muncul atau tidak aktif, akhirnya saya menyimpulkan beberapa penyebabnya. Langsung saja kita bahas satu persatu;


Untuk masalah yang satu ini mungkin sudah cukup jelas karena untuk bisa mengirim data quesioner pada aplikasi PMP ketika diverifikasi harus sudah 100 persen. Untuk cara pengisiannya silahkan baca manual aplikasinya


Masalah kedua yang saya temukan yaitu tombol kirim data tidak aktif ( tidak bisa diklik ) padahal isian quesioner untuk Kepala Sekolah, Pengawas, PTK dan Peserta Didik sudah 100 persen. Bahkan untuk Quesioner PTK saya isi sejumlah PTK 

Perhatikan tulisan berwarna merah. hehe

Maksud hati saya ingin data quesioner PTK nya full atau semua PTK mengisi semua, namun apa daya yang terjadi adalah tombol kirim datanya tidak aktif / tidak bisa diklik, yang artinya tidak bisa dikirim ke server. Alhasil saya pun kebingungan.

Bagi anda yang mengalami permasalahan seperti itu, solusinya adalah isi quesioner sesuai responden yang ditargetkan seperti pada menu verifikasi dan kirim data. Jangan kurang dan jangan lebih. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah !

tombol kirim data tidak muncul
Target pengisian quesioner


Kalau anda mengisi sesuai target, Insya Allah tombol kirim data akan aktif.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengisi quesioner melebihi target

Itulah yang saya alami, tapi alhamdulilah saya berhasil menemukan solusinya. Ikuti langkah berikut ini :

Cara ke 1

1. Klik pada menu Manajemen Pengguna ( harus login akun operator )
2. Hapus pengguna yang melebihi target ( jika yang melebihi target adalah PTK, maka hapus sebagian PTK dari manajemen pengguna, dan seterusnya )
3. Setelah dihapus, tarik kembali PTK tersebut dari menu tambah pengguna ( Hal ini dilakukan supaya jawaban kuesioner dari PTK yang bersangkutan kembali menjadi 0 % )

Cara ke 2 ( Lebih mudah )

1. Jika yang melebihi target adalah PTK, maka tukar dulu akun penggunanya menjadi PTK
2. Kosongkan salah satu atau beberapa jawaban quesioner, Dalam hal ini hanya quesioner yang berupa cekbox yang bisa dihilangkan jawabannya. Contohnya pada kuesioner bagian D. Setelah itu, jangan lupa klik simpan
3. Setelah disimpan, cek verifikasi dan kirim data pada akun pengguna PTK tersebut, jika sudah kurang dari 100 % tukar lagi menjadi akun operator.
4. Setelah menjadi akun perator kembali, coba cek ulang. Semoga tombol krim datanya sudah aktif.

Demikian yang bisa saya bagikan, mohon maaf jika bahasanya kurang dimengerti. Jika ada yang ditanyakn, jangan sungkan untuk berkomentar. terima kasih 
Related Posts

Related Posts

88 comments

  1. kalau dihalaman veifikasi yang muncul hanya kepala sekolah sedangkan verf. guru dan verf, peserta didik tidak muncul bagaimana solusinya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu, apakah quesioner untuk guru melebihi target atau tidak.
      Dulu saya juga seperti itu, ternyata setelah dicek quesioner untuk guru melebihi target jadinya tidak muncul verifikasinya

      Delete
    2. cara buat target responden darimana ab guru?? sungguh saya bingung ab guru

      Delete
    3. Target responden sudah otomatis dibuat oleh aplikasi PMP nya,

      Delete
  2. kalau verfikasi PD tidak mucul yang tadinya mucul. sedangkan targert responden harusnya 28 tapi baru 24 verifikasi tidak muncul, bagaimana solusinya.

    ReplyDelete
  3. kasus yang sama om, bagaimana solusinya

    ReplyDelete
  4. gimana kalau di bagian managemen pengguna tidak muncul PTK dan PD padalah sudah salin PTK dan PD...itu masalahnya dimana ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, apakah PTK nya sudah memenuhi syarat atau belum untuk ditarik ke PMP ?

      Delete
  5. sebelumnya aku pakai dapodik 2016a gan dan aplikasi pmp versi 1.2... muncul pas aku salin PTK dan PD...nah setelah aq update PMP versi 1.3 di PTK dan PD malah gk muncul...cuma ada keterangan

    Berhasil: 0
    Gagal: 0
    Dilewati*: 15

    *: Data yang dilewati berarti data PTK tersebut telah tersimpan di database PMPi>

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga seperti itu.

      udah dapat solusinya ????

      Delete
  6. sangAT MEMBANTu terimaksih semoga Allah membalas dengan kebaikan

    ReplyDelete
  7. jika semua pas target tapi belum muncul bagaimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ibu/mba bersihkan dulu cache di browsernya
      atau coba ganti pakai browser lain

      Delete
  8. maaf saya sudah coba cara yang kedua tapi belum bisa muncul punya peserta didiknya




    ReplyDelete
  9. bagaimana cara menghapus peserta didik di manajemen pengguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara menghapus peserta didik dari PMP seperti ini
      1. Klik manajemen pengguna
      2. Pilih salah satu peserta didik,
      3. Klik Hapus Pada menu atas ( Tambah, Simpan, Hapus )
      Semoga bisa membantu

      Delete
    2. maaf pak kasus saya juga seperti itu. pada verifikasi yang muncuk hanya ks saja. pd saya jmlahnya 509 sdangkan target dr pmp 36 baru slsai 18 saya refresh malah ndak muncul mohon solusinya bapak. terimakasih

      Delete
    3. sama pak, yg muncul hanya kelas 7 saja dftr kelas 8 dan 9 tidak keluar. mohon solusinya? PMP sudah instal pmp 1.4, mohon bantuan bagi yang sudah mendapatkan solusinya, trims

      Delete
  10. saya sudah menghapus kelebihan pd, tapi ptk dan pd tidak muncul pada verifikasi. gimana solusinya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ibu ganti browser yang lain,
      kadang di PMP saya 15 menitan baru muncul semua verifikasinya,,

      Delete
    2. ganti browswer artinya apa pak?

      Delete
    3. Browser itu misalnya bapak pake Google Chrome, coba ganti pake yang lain misalnya mozilla, operamini atau yang lain

      Delete
    4. gini min.apakah kita bisa mengganti nama pengawas ? saat kuiesioner sudah di isi dan di konfirmasi..mohon bantuan min

      Delete
  11. saya udah isi semua responden berikut quesionernya, tinggal kirim, tapi giliran masuk verifikasi dan kirim data, yg muncul cuma KS, PTK dan Peserta didik ga da yang muncul, gimana yah caranya kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saat membuka PMP jangan menjalankan aplikasi apapun, siapa tahu bisa muncul

      Delete
    2. sudah kakak, tapi tetap ga muncul, cba tak hapus responden Komite Sekolah 2 orang jg masih sama, apa pengaruh karena banyak quiesoner yg tak isi yah ( ex : D banyak yg tak conteng dll)

      Delete
  12. masalah saya adalah peserta didik yang menjadi quesioner tidak muncul di tukar pengguna dari 200 PD yang muncul hanya pada lembar pertama setelah klik page selanjutnya hanya nama2 itu selalu yang muncul..... solusinya bagaimana mohon bantuannya....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya juga seperti itu, ketika menuju halaman 2 yang muncul itu2 saja.

      Sebenarnya PD sudah muncul semuanya di halaman 1,, tinggal dicari saja.

      Delete
    2. sudah di klik sampai halaman 14 tetapi tetap saja tidak muncul. Nama-nama hanya muncul untuk kelas 7. Sedangkan kelas 8 dan 9 tidak muncul juga, moon solusinya

      Delete
    3. Ibu cari aja di halaman 1, scroll ke bawah dengan perlahan. Semua PD ada di halaman 1

      Delete
  13. Mengapa saat kirim data sangat lama sekali ? Sampe hari ini saya pake ap. PMP 1.4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu, mungkin masalah server di pusatnya yang mengakibatkan pengiriman PMP lama sekali. Tapi coba cek di progres pengiriman, sudah terkirim atau belum ?

      Delete
  14. Betul Gan, saya dari jam 5 subuh sampai sekarang jam 9, proses kirim data ke server PMP belum selesai. Terpakasa laptop saya pasang cooling pad. Gimana solusinya nih ya? Pusing saya...

    ReplyDelete
  15. abang guru,,,saya mau nanya,,,pmp saya versi 1.4 trus yg untuk PD ada beberapa pertanyaan yg tidak bisa disimpan jawabannya,,alhasil tidak 100% lah semua jawaban di PD saya,,,pdhal sdh saya lakukan berkali-kali teta saja tidak tersimpan jawaban,,,mohon dijawab yaaa abang guru,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah semua PD begitu ? kalau iya, coba diinstall ulang PMP nya, tapi jangan lupa diback up dulu

      Delete
    2. saya mendapat kasus yang sama yaitu tdk bisa disimpan...padahal sudah berkali2 instal PMP nya

      Delete
    3. Bapak coba matikan antivirus di laptop

      Delete
  16. maaf abang guru, ni permasalahan saya pada saat pengiriman data. semua sudah ok dengan versi 1.4, tapi saat dikirim hanya mengirim terus tapi tak kunjung selesai.. Bagaimana solusinya.. Terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm, itu bukan permasalahan kita. Menurut sobat2 yang lain, itu masalah di server pusatnya

      Delete
  17. Abang Guru kalau tidak bisa salin PTK pada aplikasi PMP versi 1.3 bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake versi 1.4, tapi jangan lupa di back up dulu

      Delete
    2. Pak mau tanya, saya sudah dalam tahap pengerjaan Kuesioner PMP. Tp ada 1 pertanyaan yg tidak ada pilihan jawabanya. bagaimana solusinya?

      Delete
  18. ada permasalahan saat pengesian kuisioner guru bagian A ada beberapa soal yang tidak bisa di save untuk semua ptk yang ada,aplikasi pmp yang digunakan versi 14.007..clear chace sudah tapi tetap sama,,, browser google chrome,,

    ReplyDelete
  19. selamat malam Abang GUru, saya sudah brhasil dan tinggal kirim data, tapi setelah lewat 1 jam lebihbelum juga berhasil. apa kendala yang saya hadapi? Mohon solusi. terima kasih smoga Allah SWT memberikan keberkahan, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga seperti itu, bahkan berhari2 belum terkirim juga, bagaimana solusinya, apa perlu intal ulang dapodik sm pmp nya trus entri lagi?

      Delete
    2. Untuk masalah kirim PMP yang tidak selesai selesai, solusinya adalah kita tunggu sampai server PMP pusatnya diupgrade dan stabil dulu. Kalaupun kita terlambat, itu bukan kesalahan kita. Yang terpenting PMP sudah selesai dikerjakan,.

      Delete
  20. saya dari sd swasta.di sekolah saya kepala sekolah mengajar guru PAI, kenapa di list managemen kepala sekolah tersebut hanya menjadi ptk. bagaimana cara ptk tersebut agar menjadi kepala sekolah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak akan ada di list managemen, karena diaplikasi PMP kalau login sebagai operator, maka otomatis login sebagai Kepala Sekolah juga. Semoga membantu

      Delete
  21. mohon solusi, saya sudah menghapus data komite kemudian ganti pakek nama lain dengan email yang sama. tapi kok komite yg terhapus itu saja yg muncul ketika login menggunakan email tersebut. bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba edit saja namanya,,, login pake operator,,masuk manajemen pengguna,, pilih komite,,, terus edit.

      Delete
  22. Apakah kelebihan responden (yg tidk mengisi koesioner) bisa dihapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi menurut saya tidak dihapus juga gapapa,

      Delete
  23. PTK tidak bisa di salin ket. data sudah tersimpan d database pmp..gmn solusinya abang guru?

    ReplyDelete
  24. gan gimana caranya, punya kami saat memasukkan data pengawas salah, saya lupa cek, yang saya klik komite padahal datanya pengawas. sudah saya coba hapus, namun jika mendaftar lagi tidak bisa berubah jadi pengawas, nempel komite trus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan yang sma abang guru mohon solusinya

      Delete
  25. Kenapa isian data komite yg sudah konfirmasi dan tersimpan tidak muncul di menu Verifikasinya ...sudah refresh sudah restar mesih tetap saja..(Sebelumnya waktu tambah data untuk komite memang saya buat sampai terulang 3 kali menggunakan email yg sama (di delete dan buat lagi samapi 3 kali) dikarenakan adanya data yang salah..mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  26. pak, saya mau tanya kenapa pada aplikasi pmp versi 1.4 soal yang ada lainnya tidak mau tersimpan? contohnya pada soal A2: kekerasan fisik lainnya, ketika di clik pada salah satu jawabannya lalu simpan jawaban tapi tidak mau tersimpan, mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan update aplikasi PMP nya ke versi terbaru ( menggunakan patch 1.4.007 ) insya allah permasalahannya selesai

      Delete
  27. Pa bagaimana ya...kalau saya permasalahan nya,,,dalam pengisian kuesioner Komite Sekolah,,,!!dalam kusieoner A5, B1 dan B5 itu tidak ada,tapi pas waktu mau di Verifikasi A5, B1 dan B5 itu jadi ada,,,,jd merah semua...!!bagaimana ya pa...??mohon solusi nya...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu harus update aplikasi PMP nya ke versi terbaru ( menggunakan patch 1.4.007 ) insya allah permasalahannya selesai

      Delete
  28. Gan, bagaimana cara backup data pengawas dan komite, login kan beda..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Back up manual aja ? di yotube ada tutorial nya
      https://www.youtube.com/watch?v=oeeKWmZ6DlE

      Delete
  29. kenapa di verifikasi dan kirim data aplikasi pmp pengawas belum mengerjakan padahal sudah mengisi kuesioner pengawas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di konfirmasi belum pada saat login pengawas ?

      Delete
  30. Pa maaf kalau misalnya kita kelebihan pengisian kuesioner PD dan mau di hapus PD di manajemen pengguna nya tidak apa2 kan? terus kalau mau jumlah siswa yang kita hapus di masukin kembali ke aplikasi gimana cara nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebihan ga apa apa mas, biarkan saja. Kan 30 itu minimalnya

      Delete
  31. Permasalahan saya sama dengan unknown di verivikasi dan kirim data pmp pengawas belum mengerjakan alias masih 0 padahal pengisisan kuesioner sdh 100% dan di login pengawas sdh konfirmasi,, apa masalahnya mohon solusinya...

    ReplyDelete
  32. permasalahan saya dan sebagian besar di tempat saya itu tidak bisa Mengunduh file axcel pada menu verifikasi,,contoh pada bagian PTK it tidak bisa diunduh file axcelnya..mohon pencerahan

    ReplyDelete
  33. pak maaf mau tanya ni,,,pada data kirim responden untuk komitenya ada 3,tapi pada manajemen penggunanya hanya ada 1 komite,,bagaimana solusinya pak karna smua berdampak saat akan di kirim
    mksi sblumnya pak....

    ReplyDelete
  34. pak, kalau saya kuesionernya tidak bisa dibuka, padahal sudah terhubung sama aplikasi dapodiknya, itu bagaimana ya pak?
    mohon solusinya..

    ReplyDelete
  35. mau nanya pak, mohon dijawab. PMP saya bermasalah dg nama pengguna, kalau diakun PMP sekolah sudah benar perannya sebagai PENGAWAS. setelah dibuka ke akun pribadi pengawas nama penggunanya menjadi KOmite sekolah. bagaimana ini solusinya?
    bagaimana cara mengubahnya?

    ReplyDelete
  36. mau nanya pak, mohon dijawab. PMP saya bermasalah dg nama pengguna, kalau diakun PMP sekolah sudah benar perannya sebagai PENGAWAS. setelah dibuka ke akun pribadi pengawas nama penggunanya menjadi KOmite sekolah. bagaimana ini solusinya?
    bagaimana cara mengubahnya?

    ReplyDelete
  37. Abang guru saya mau bertanya, jika PMP sudah diisi semua soal2nya, tapi ketika dicek konfirmasi selesai, ternyata ada beberapa soal yang belum terisi. tapi ketika saya cek dengan betul sudah terisi semua. itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  38. Abang guru saya mau bertanya, jika PMP sudah diisi semua soal2nya, tapi ketika dicek konfirmasi selesai, ternyata ada beberapa soal yang belum terisi. tapi ketika saya cek dengan betul sudah terisi semua. itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  39. punya saya kan data 27.. sudah konfirmasi semua..
    tapi setelah akan kirim data hilang satu.. jadi 26..
    tapi nama yang hilnag tersebut kalau diketik di cari.. ada..
    dan juga sudah centang hijau.. ini bagaimana??

    ReplyDelete
  40. bagaimana cara mengatasi PMP 2018 yang lelet masuk

    ReplyDelete
  41. ijin bertanya kenapa ya ko data siswa dan PTK tidak muncul semua

    ReplyDelete
  42. mohon solusi om, setelah melakukan updapte dari PMP 21 ke PMP 22 kuisioner yang telah selesai dan sudah dikirim hilangg, dan aplikasi menjadi seperti baru, belum ada pengisian atau aktifitas apa2, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kasus saya juga seperti ini apakah ada solusi utk mengembalikanya menjdi 100 persen lagi

      Delete
  43. Abang Guru, stelah instal pmp dan mau bekerja.halaman hanya terbuka sampai memuat aplikasi dan stelah berjam2 hanya sampai disitu...

    ReplyDelete
  44. Bang, gimana caranya biar PMP bisa terkirim? padahal udah di klik tombol kirim. tapi di web PMP masih ada keterangan kalau PMP belum terkirim.

    ReplyDelete
  45. mohon pencerahannya... pada saat login PMP muncul kotak dialog seperti ini

    Terdapat kesalahan pengaturan pada koneksi dapodik Anda. Mohon dicek ulang dengan memperhatikan panduan koneksi dapodik di sini

    ReplyDelete
  46. pak gimana megatasi kuesioner sudah disimpan dan tersimpan tapi tidak tampil di dinding beranda masih 0 % pak

    ReplyDelete
Mohon maaf, jika pertanyaannya tidak bisa terjawab oleh saya