FS0rUvwNhKY1VI33jRo60ZGXhoIL0Jyi24sdcC2i

Ciri ciri dan Fungsi Model Pembelajaran

Ciri dan Fungsi Model Pembelajaran - Proses Pembelajaran atau KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) akan memperoleh hasil yang memuaskan apabila ditunjang dengan beberapa faktor. Satu diantaranya adalah pemilihan model pembelajaran yang disesuaikan dengan Mata Pelajaran, Materi Ajar, dan perkembangan peserta didik itu sendiri.

Lalu, apa ciri - ciri model pembelajaran ?

Model pembelajaran memiliki ciri - ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki prosedur yang sistematik, sebuah model pembelajaran harus mempunyai prosedur yang sistematik untuk memodifikasi perilaku peserta didik yang didasarkan pada asumsi-asumsi tertentu
  2. Hasil belajar ditetapkan secara khusus, setiap model pembelajaran menentukan tujuan-tujuan khusus hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa secara rinci dalam bentuk unjuk kerja yang dapat diamati
  3. Penetapan lingkungan secara khusus, menetapkan keadaan lingkungan secara spesifik dalam model pembelajaran
  4. Mempunyai ukuran keberhasilan tertentu, model pembelajaran harus menetapkan kriteria keberhasilan suatu unjuk kerja yang diharapkan dari siswa
  5. Interaksi dengan lingkungan, setiap model pembelajaran mentapkan cara yang memungkinkan siswa melakukan interaksi dan bereaksi dengan lingkungannya.

Selain itu, model pembelajaran juga memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Pedoman, model pembelajaran dapat berfungsi sebagai pedoman yang dapat menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh guru. Dengan demikian, maka pembelajaran menjadi sesuatu yang ilmiah, terencana dan merupakan kegiatan - kegiatan yang mempunyai tujuan
  2. Pengembangan kurikulum, model pembelajaran dapat membantu dalam pengembangan kurikulum untuk satuan dan kelas yang berbeda dalam pendidikan
  3. Menetapkan bahan-bahan pengajaran. Model pembelajaran menetapkan secara rinci bentuk-bentuk bahan pengajar yang berbeda yang akan digunakan oleh guru dalam membantu perubahan yang baik dari kepribadian peserta didik.
  4. Membantu perbaikan dalam pembelajaran, Model pembelajaran dapat membantu proses belajar-mengajar dan meningkatkan kefektifan pembelajaran.


Fungsi - fungsi model pembelajaran tersebut akan digunakan oleh guru dalam mengembangkan model - model pembelajaran yang ia anggap sesuai dengan tujuan, bahan, dan sarana pendukung dalam melaksanakan tugas - tugas pembelajaran guru. Jumlah model pembelajaran sangat banyak sekali, namun dapat dikelompokkan berdasarkan sumber - sumber utamanya. Berdasarkan hal itu, paling tidak ada 4 sumber - sumber utama model - model pembelajaran, yaitu :

  1. Interaksi sosial
  2. Pemrosesan informasi
  3. Personal
  4. Modifikasi perilaku

sumber : Hidayat, Ujang S. 2011. Model-model pembelajaran berbasis PAIKEM. Sukabumi : CV. Siliwangi & Co
Related Posts

Related Posts

Post a Comment