FS0rUvwNhKY1VI33jRo60ZGXhoIL0Jyi24sdcC2i

Kunci jawaban pelatihan Pintar kemenag ( Pelatihan Literasi, Pembelajaran Terdeferensiasi Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing )


Berikut ini 10 soal dan kunci jawaban Modul 3.8 PINTAR Kemenag semoga bermanfaat :

1. Setiap mata pelajaran memiliki Capaian Pembelajaran (CP) yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran memiliki manfaat, kecuali...

A. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik

B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas. C. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik.

D. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.

Jawaban: B

2. Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah memiliki karakteristik, kecuali...

A. Diarahkan untuk mengakomodir pencapaian keterampilan abad-21

B. Disusun sesuai konteks kebangsaan dan ke-Indonesiaan

C. Disusun dengan karakteristik memasukkan nilai moral dan etika

D. Orientasi kesejahteraan dunia sekaligus kebahagiaan akhirat

Jawaban: C

3. Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Kegiatan yang tidak sesuai dengan prinsip tersebut adalah...

A. Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari

B. Guru mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan

C. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan

D. Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan

Jawaban: A

4. Pak Dzikron ingin menyusun Tujuan Pembelajaran dari dua elemen Al-Qur'an dan hadis. Contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang sesuai dengan teknik "lintas elemen" adalah....

A. Membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal

B. Melafalkan, membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kekuasaan dan rahmat Allah SWT.

C. Melafalkan, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara tekstual dan kontekstual tentang optimis dan sabar.

D. Membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal

Jawaban: B

Capaian pembelajaran per fase untuk mata pelajaran PAI pada madrasah terdiri dari unsur sebagai berikut, kecuali...

A. Kompetensi, materi dan kontekstualisasi

B. Kompetensi, materi dan orientasi

C. Kompetensi, materi dan rasional

D. Kompetensi, materi dan tujuan

Jawaban: B

6. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen tidak dipisahkan. Ilustrasi yang tidak sesuai dengan kaitan tersebut adalah...

A. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.

B. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan.

C. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.

D. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.

Jawaban: B

7. Pak Faiz merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali...

A. Guru menyajikan penjelasan materi kepada peserta didik dalam bentuk modul atau bahan ajar seperti artikel informatif

B. Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat

C. Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru

D. Guru memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan praktik bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru

Jawaban: B

8. Paradigma baru dalam pembelajaran tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali...

A. Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.

B. Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan

C. Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain.

D. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensi.

Jawaban: C

9. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali...

A. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.

B. Merumuskan TP dengan cara menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup materi' pada CP.

C. Merumuskan TP secara lintas elemen.

D. Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik

Jawaban: D

10. Capaian Pembelajaran (CP) dirancang dengan banyak merujuk pada teori belajar Konstruktivisme dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan "Understanding by Design" (UbD). Pernyataan yang tidak benar dalam kerangka Kurikulum Merdeka adalah...

A. Hirarkhi pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP

B. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik

C. Memberi kebebasan kepada guru mengukuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai

D. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah

Jawaban: C

Demikian, semoga bermanfaat

 

Related Posts

Related Posts

Post a Comment