Berikut ini 10 soal dan kunci jawaban Modul 3.8 PINTAR Kemenag semoga bermanfaat :
1. Setiap
mata pelajaran memiliki Capaian Pembelajaran (CP) yang harus dicapai oleh
peserta didik pada setiap fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan
pembelajaran memiliki manfaat, kecuali...
A.
Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran
yang efektif bagi peserta didik
B. Mendorong
guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan
perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.
C. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
kesiapan peserta didik.
D.
Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.
Jawaban: B
2. Capaian
pembelajaran untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah memiliki
karakteristik, kecuali...
A.
Diarahkan untuk mengakomodir pencapaian keterampilan abad-21
B. Disusun
sesuai konteks kebangsaan dan ke-Indonesiaan
C. Disusun
dengan karakteristik memasukkan nilai moral dan etika
D. Orientasi
kesejahteraan dunia sekaligus kebahagiaan akhirat
Jawaban: C
3. Salah satu
prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan
dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar
sepanjang hayat. Kegiatan yang tidak sesuai dengan prinsip tersebut adalah...
A. Guru
memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas
untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
B. Guru
mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri
dan area yang perlu dikembangkan
C. Guru
senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta
didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
D. Guru
memberikan tugas atau pekerjaan rumah yang ditujukan untuk mendorong
pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
Jawaban: A
4. Pak
Dzikron ingin menyusun Tujuan Pembelajaran dari dua elemen Al-Qur'an dan hadis.
Contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang sesuai dengan teknik "lintas
elemen" adalah....
A. Membaca,
menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan
hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kehidupan dunia yang sementara
dan akhirat yang kekal
B.
Melafalkan, membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti
dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits secara tekstual dan
kontekstual tentang kekuasaan dan rahmat Allah SWT.
C.
Melafalkan, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi
kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara tekstual dan kontekstual tentang optimis
dan sabar.
D. Membaca,
menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan
hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kehidupan dunia yang sementara
dan akhirat yang kekal
Jawaban: B
Capaian
pembelajaran per fase untuk mata pelajaran PAI pada madrasah terdiri dari unsur
sebagai berikut, kecuali...
A.
Kompetensi, materi dan kontekstualisasi
B.
Kompetensi, materi dan orientasi
C. Kompetensi,
materi dan rasional
D.
Kompetensi, materi dan tujuan
Jawaban: B
6. Kaitan
antara pembelajaran dan asesmen tidak dipisahkan. Ilustrasi yang tidak sesuai
dengan kaitan tersebut adalah...
A. Guru harus
memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan
peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.
B. Guru dapat
mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika
diperlukan.
C. Sepanjang
proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui
sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.
D. Guru perlu
merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat
pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.
Jawaban:
B
7. Pak Faiz
merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut,
kecuali...
A. Guru
menyajikan penjelasan materi kepada peserta didik dalam bentuk modul atau bahan
ajar seperti artikel informatif
B. Peserta
didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi,
seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai
dengan bakat dan minat
C. Peserta
didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh
pengetahuan baru
D. Guru
memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan praktik bermain peran agar
mereka lebih memahami penjelasan guru
Jawaban: B
8. Paradigma
baru dalam pembelajaran tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali...
A. Pada awal
tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan
pencapaian sebelumnya.
B. Guru
senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta
didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
C. Guru
menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi
permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain.
D. Guru
menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu
peserta didik mengembangkan kompetensi.
Jawaban: C
9. Dalam
merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif
teknik berikut, kecuali...
A.
Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.
B. Merumuskan
TP dengan cara menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup materi' pada CP.
C. Merumuskan
TP secara lintas elemen.
D. Merumuskan
TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
Jawaban: D
10. Capaian
Pembelajaran (CP) dirancang dengan banyak merujuk pada teori belajar
Konstruktivisme dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan
"Understanding by Design" (UbD). Pernyataan yang tidak benar dalam
kerangka Kurikulum Merdeka adalah...
A. Hirarkhi
pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan
dari CP
B. Taksonomi
pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
C. Memberi
kebebasan kepada guru mengukuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
D. Pemahaman
dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai
proses berpikir tingkat rendah
Jawaban: C
Demikian,
semoga bermanfaat